Penulis

Tentang Penulis

Muhammad Azizul Hakim adalah seorang Data Scientist di Holding Company yang berlokasi di Sleman Yogyakarta, lulusan Sarjana Astronomi, Institut Teknologi Bandung.

“Be the best, and the only one.”

~ Self Quote

Di program studi Astronomi inilah, pertama kalinya mata penulis terbuka mengenai beragam manfaat serta kemungkinan yang luar biasa dari ilmu-ilmu yang diajarkan di program studi Astronomi, baik itu diterapkan di bidang Astronomi, maupun juga di bidang lainnya. Terutama saat pengerjaan tugas akhir, penulis mengenal lebih dalam mengenai regresi linier (least square linear regression), yang kala itu digunakan untuk menguji validitas scaling relations antar besaran fisis gugus galaksi, dalam skala logaritma. Setelah terbukti valid, persamaan empirik yang dihasilkan dari regresi linier tersebut dapat digunakan untuk memprediksi besaran fisis gugus galaksi, berdasarkan variabel yang diketahui. Hal ini amat membantu penentuan massa gugus galaksi yang memang sangat sulit diketahui melalui observasi langsung.

Ucapan terima kasih tidak pernah cukup rasanya untuk Ibu Dr.rer.nat. Hesti Retno Tri Wulandari S.Si., M.Si., selaku dosen pembimbing penulis, juga kepada seluruh Dosen, Staf Akademik, serta teman-teman Mahasiswa Astronomi ITB. 🙂

Sejak saat itu, penulis semakin penasaran, apakah mungkin metode yang sama digunakan untuk memecahkan masalah di bidang lain? Bisnis, atau keuangan, misalnya? Ataukah ada metode-metode lain yang lebih sophisticated yang digunakan dalam bidang-bidang lain tersebut?

tentang hakim-azizul.com

Scaling Relations pada Gugus Galaksi.
Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

Tidak memiliki latar belakang pendidikan formal Teknologi Informasi, tidak menghalangi penulis untuk terus mengejar passion-nya di dunia Ilmu Data (Data Science), serta impiannya untuk terus berkontribusi di dunia Ilmu Data sebagai praktisi/profesional. Dengan bermodal laptop Asus X453M (yang saat itu masih memiliki RAM 2 Gb), support koneksi internet dari kakaknya, dan bala bantuan doa Ayah penulis, serta kerabat dan keluarga, selepas lulus kuliah dan bekerja di Bandung; ia menyelesaikan beragam online course mulai dari dasar coding melalui Codecademy, learning path untuk Data Scientist dari Microsoft Virtual Academy, dan terus belajar dari berbagai forum.

tentang hakim-azizul.com

Certificate of Completion dari Microsoft Virtual Academy, Sertifikat Ke-5 Ketika Mengisi Waktu Mencari Kerja, Maret 2017.
Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

Selain bekerja, keseharian penulis saat ini yaitu menerima proyek freelance/project based terkait dengan Data Science, melanjutkan beberapa online course (saat ini, yang disediakan oleh Stanford University, dan Cybrary), kadang juga menonton film (penulis adalah kolektor ratusan film; biarpun tersedia banyak situs streaming online, ia tetap saja mengoleksi film), penikmat sekaligus kolektor (baca: men-download; untuk koleksi pribadi, dan tidak disebarluaskan) musik yang tidak umum di telinga, serta terus mendalami Ilmu Data yang juga dituangkan di hakim-azizul.com ini.

Penulis yang juga seorang calon ayah ini, tinggal bersama istrinya di Kabupaten Bantul, D. I. Yogyakarta. Penulis dapat dihubungi melalui halaman kontak, atau melalui kolom komentar di situs ini.

 

Terakhir Diperbarui: 2 September 2018