Tentang

Tentang hakim-azizul.com

“Learning is the beginning of wealth. Searching and learning is where the miracle process all begins. The great breakthrough in your life comes when you realize it that you can learn anything you need to learn to accomplish any goal that you set for yourself. This means there are no limits on what you can be, have or do.”

~ Albert Einstein

Berawal dari blog WordPress bernama “Just Type and Run” yang didirikan pada 26 Juni 2018, penulis akhirnya memutuskan untuk pindah ke domain mandiri, memigrasi seluruh konten, dan mengganti nama blognya menjadi hakim-azizul.com, pada tanggal 22 Agustus 2018.

Penulis menjadikan hakim-azizul.com sebagai tempat berbagi passion serta pengalaman penulis sebagai Data Scientist, dan terutama sebagai tempat penulis untuk terus belajar serta menempa dan mematangkan ilmunya melalui tulisan (ilmu bagai hewan buruan yang tidak diikat, apabila tidak dituliskan), tanpa melupakan juga sisi teknis/hands-on.

Berkaca dari tidakΒ  banyaknya sumber belajar online untuk Data Science yang bersifat hands-on dan berbahasa Indonesia, penulis tergerak untuk membuat blog yang membahas mengenai Data Science dari sudut pandang pengalaman serta hasil pembelajaran penulis. Blog tersebut diberi nama “Just Type and Run”, dengan harapan/filosofi, siapapun yang membaca tips dan trik yang di-share penulis, dapat tinggal mengetik/meng-copy paste script yang tercantum di artikel, dan berjalan mulus tanpa error (dengan catatan, tools yang digunakan sama persis).

Banyaknya source code yang error di buku teks (terutama untuk cetakan/edisi pertama), juga menjadi sumber kegelisahan penulis, sehingga pada blog ini, apabila artikelnya bersumber dari buku teks, penulis selalu menulis ulang code-nya, dan menetapkan prinsip ATM (amati-tiru-modifikasi) dan setidaknya melakukan testing sebanyak dua kali, serta sumber referensi tambahan juga selalu dicantumkan, demi kenyamanan pembaca.

Sementara itu, alasan lain penulis memutuskan memulai blogging karena passion penulis yang terpendam sejak lama; yaitu menulis, passion penulis yang terus berjalan setiap harinya (dan insyaAlloh akan selalu meningkat); yaitu data, teknologi data serta pemanfaatannya untuk terus memajukan kehidupan kita; salah satu passion penulis sejak kecil; yaitu estetika, sehingga mendorong agar selalu ada gambar yang representatif dan menarik di setiap blogpostnya, dan momen; yaitu ketika berdirinya grup WhatsApp “Nulis Tiap Minggu”, yang didirikan oleh Mas Afrijal Dzuhri, saya, dan Mas Muhammad Zakuan.

tentang hakim-azizul.com

Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

Grup “Nulis Tiap Minggu” ini adalah tempat orang-orang yang berpassion menulis, namun merasa tidak ada rival untuk memaksa kami memulai, meningkatkan kualitas, serta kuantitas tulisan. Di grup ini, alhamdulillah secara istiqomah kami memamerkan publikasi kami sebanyak dua artikel/pekan. Tentu saja ada punishment untuk yang tidak memenuhinya, hahaha. Sekarang grup tersebut mulai membesar, dengan tambahan rekan-rekan baru yaitu Mas Mursit Affandi (sayangnya sudah left group; karena ada berbagai tanggung jawab yang tidak bisa ditinggalkan), Mbak Yenny Kurnia, dan Mas Alif Hattaki.

Terakhir, sebagaimana penulis merasakan manfaat terbesar dari menulis blog ini, yaitu membantu penulis untuk belajar dengan jurnal yang lebih terstruktur, serta update terjadwal (setidaknya seminggu dua kali), semoga secuil ilmu di sini dapat menjadi manfaat dan berkah yang berlimpah untuk kita semua, aamiin ya Robbal alamiin.

“A warm home for data geeks and data maniacs.”

~ hakim-azizul.com

Terima kasih dan selamat datang, untuk kalian, para pembaca. πŸ™‚

 

Terakhir Diperbarui: 2 September 2018