Pentingnya Melek Data untuk Mencapai Pertumbuhan Positif

pentingnya data science

“Dari CEO sampai marketer harus punya mindset data driven dan di-embed dalam dirinya. Kalau cuma satu, sama saja (tidak berkembang). Jadi semua orang harus menjadi data driven.”

~ Achmad Zaky, CEO Bukalapak

Data Science telah menjadi salah satu amunisi yang dinilai perlu dipegang oleh perusahaan, tidak terkecuali juga di kalangan startup. Sekalipun untuk menjadi seorang profesional di bidang ini bukanlah hal mudah, untuk bisa melek data science Anda tidak harus menjadi seorang engineer kok.

Menurut founder sekaligus CEO Bukalapak Achmad Zaky, dalam sebuah perusahaan, terkadang hubungan bagian non-technical dan software engineer menjadi kurang harmonis apabila menyangkut permintaan data. Namun hal tersebut seharusnya tidak menjadi kendala untuk memajukan perusahaan.

Demikian diutarakan Zaky dalam diskusi Hypergrowth Through Data Science, pada diskusi Hypergrowth through Data Science, pada Senin malam, 23 September 2015 silam. Dijelaskannya, bagian non-technical sebaiknya belajar menggali dan memahami data. Terlebih, semua aspek di perusahaan harus menjadi data-driven.

“Dari CEO sampai marketer harus punya mindset data driven dan di-embed dalam dirinya. Kalau cuma satu, sama saja (tidak berkembang). Jadi semua orang harus menjadi data driven,” ujarnya.

pentingnya data science

Hypergrowth through Data Science. Sumber Gambar: https://dailysocial.id/post/data-jadi-bahan-bakar-skalabilitas-startup.

Zaky berkata, untuk memahami data tidak perlu menjadi engineer, tapi cukup mempelajari pemahaman soal data dan cara mengaksesnya, misalnya database. Selain itu kita dapat memanfaatkan sejumlah software yang memang dirancang untuk orang-orang di bagian non-technical.

“Bila kita bisa mengakses data sendiri jadi tidak perlu ngerepotin software engineer lagi. Selain itu, kita pun dapat mengetahui data secara realtime hingga dapat memutuskan hal yang tepat,” jelas bos Bukalapak.

Zaky menambahkan, peran Data Scientist tidak kalah pentingnya dengan fungsi developer di sebuah perusahaan. Merekalah yang akan mencari dan menerjemahkan data yang berguna, sehingga perusahaan bisa mengerti arahnya akan kemana.

Bukalapak sendiri sudah mulai menerapkan data science sejak dua tahun belakang ini. Sejak membentuk tim Data Scientist, pertumbuhan situs bukalapak.com naik sekitar 20% setiap bulannya.

pentingnya melek data

Data Science/Machine Learning dapat Membantu Manusia untuk Belajar dengan Lebih Baik. Sumber Gambar: Geron A. (2017), Hands-On Machine Learning with Scikit-Learn and Tensorflow, O’Reilly Media.

Dalam kesempatan ini, CEO GNews Yopie Suryadi turut menyampaikan pengalamannya terkait data science. Meski dirinya adalah founder startup yang berlatar belakang non-technical, Yopie sangat percaya dengan data.

Ia mengakui tidak jarang dirinya kurang nyambung dengan bagian software engineer. Tapi Yopie sendiri selalu menegaskan kepada jajarannya bahwa semua pergerakan harus tercatat.

Agar tidak melulu merepotkan software engineernya, Yopie mengaku kini tengah belajar soal database sehingga dapat kapanpun mencari data yang ia butuhkan.

“Data amat penting bagi saya. Meski melihatnya dari bird eye view, tapi untuk mengetahui perkembangan perusahaan. Jangan sampai mati di tengah jalan seperti banyak startup lain, karena jor-joran tanpa pegangan data sama sekali. Jadilah cerdik seperti kancil,” pungkas Yopie.

 

Sumber

Geron A. (2017), Hands-On Machine Learning with Scikit-Learn and Tensorflow, O’Reilly Media.

https://inet.detik.com/business/d-3079313/tak-perlu-jadi-engineer-untuk-melek-data

https://www.liputan6.com/tekno/read/2373415/pentingnya-data-agar-tak-salah-menyelesaikan-masalah

Follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *