Bermasalah dalam Menginstall Packages R? Ini Solusinya!

“Apakah ada yang kesulitan meng-install packages-nya?”

~ Ajeng Prastiwi, Algoritma, Workshop – Data Science, Finhacks Workshop Yogyakarta

“Emm, saya Mbak.”, jawab saya. Di dalam hati. Agar tidak mengganggu jalannya Workshop Finhacks Yogyakarta, sesi hands-on Data Science with R, sebagai pembekalan untuk kompetisi Finhacks 2018 #DataChallege yang diadakan oleh BCA. Saya tidak mau menghambat kekhusyukan seluruh peserta dalam menyimak materi “Building Machine Learning Model” yang disampaikan dengan anggun dan keren oleh Mbak Ajeng Prastiwi dari tim Algoritma, 3 September 2018, kemarin.

Akhirnya, pada sesi coffee break sore, saya bertanya tentang kegagalan saya dalam meng-install packages atau library pada R tersebut ke tim Algoritma yang siap meng-assist peserta workshop apabila mengalami kendala teknis. Namun, sampai workshop berakhir, solusinya belum ditemukan.

 

Background Story

Jadi, begini latar belakang ceritanya:

Untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti workshop, saya ingin meng-install library atau packages yang dibutuhkan. Namun, berjam-jam saya gagal meng-install packages (packages apapun pada R), dengan rincian sebagai berikut:

  • Tiba-tiba seluruh R di laptop saya tidak bisa di-install packages apapun, kecuali R versi 3.1.0. Begini error messagenya:

Error messages ketika menginstall packages pada R

Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

  • Seperti teman-teman baca di sini, dan di tulisan-tulisan sekuelnya, saya menggunakan R versi 3.1.0. Mengapa? Karena, dari buku acuan saya dalam melakukan sentimen analysis, R 3.1.0 inilah yang support dengan baik packages yang diperlukan (seperti library sentiment) untuk melakukan sentiment analysis tersebut. Kenapa saya percaya saja? Karena sebelum itu, versi R yang saya pergunakan adalah R 3.4.3 kalau tidak salah. Dan benar saja, saya gagal install package sentiment dan lainnya pada versi R tersebut, sehingga saya menarik kesimpulan, anda perlu upgrade maupun downgrade versi R yang anda pergunakan, jika memang anda gagal meng-install packages pada versi R yang anda gunakan tersebut.

  • Hmm, versi R itu ada banyak sekali, perlu trial dan error dong, untuk cari versi R yang aman untuk install packages apapun yang diperlukan? Hmm, saya sempat berpikir seperti itu sih. Mari lanjut dulu. ๐Ÿ™‚

  • Kok bisa apes gitu Thor (singkatan dari Author, terinspirasi dari LINE Webtoon)? Emang R versi berapa yang anda pake, dan gagal install packages itu? R 3.1.0, R 3.2.2, R 3.3.3, R 3.4.3, R 3.5.0, dan R 3.5.1, wkwkwk. Seperti yang saya bilang, versi 3.1.0 ini aman dan nyaman, sayangnya dia belum support package dplyr (next iteration of plyr) untuk handle dataframe. Which is, akan dipake berulang kali di workshop Finhacks ini (jelas lah ya). Dan versi lainnya, gagal total. Tidak bisa install packages apapun.

  • Mungkin, anda (atau saya dalam hal ini), yang tidak mencoba beragam cara lain untuk install packages? Cuma pakai satu atau dua cara, terus buru-buru menyimpulkan ya?? Eits, tidak dong! Berikut ini cara-cara yang sudah saya tempuh:

1. Cara paling standar untuk install packages, ketikkan perintah berikut pada RConsole:

install.packages("ggplot2")

2. Install packages, dengan menyebutkan repository-nya:

install.packages("ggplot2", repos='http://cran.us.r-project.org')

3. Easy install from repo, dengan memanfaatkan packages panel yang tersedia di RStudio:

R Packages Error

Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

Error menginstall packages pada R

Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

4. Install packages from local, setelah mendownload library yang ingin di-install terlebih dahulu:

install packages from local

Contoh install ggplot2, setelah mendownload filenya terlebih dahulu. Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

5. Install packages dari repository mirror (bukan dari CRAN):

Packages Mirror

Sumber Utama Repository CRAN. Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

Saya mencoba hingga 5 mirror (dan mungkin lebih), berikut ini yang sempat saya ingat dan dokumentasikan:

University of California CRAN Mirror

University of California. Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

Repository mirror lainnya yang saya coba adalah: UK: Imperial College London,ย  Indonesia:ย  Agency for The Application and Assessment of Technology, dll.

Dan, seluruh upaya saya di atas itu.. Gagal.

Sebelum melangkah lebih jauh, silakan cek artikel berikut, siapa tau ada solusi yang lebih pas untuk problem yang anda hadapi: Problem Installing Packages.

 

Solusi

Akhirnya, setelah sepulang workshop, saya pinjam laptop istri, lalu saya install RStudio, dan R versi 3.5.1. Lalu saya coba langkah-langkah di atas, dan.. Hasilnya sama, gagal semua.

Lalu, sesuai link Problem Installing Packages, mulailah secara random, trial and error, saya cobalah install R dari aneka mirror yang ada, dan.. Akhirnya, berhasil, ketika saya mencoba install dari repository mirror berikut:

problem installing r packages solution

USA (MI 1), atau Michigan Technological University, Houghton, MI. Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

Dan, voila! Akhirnya saya bisa install seluruh packages yang dipakai pada workshop Finhacks Yogyakarta, dan saya dapat me-review kembali materi dengan nyaman dan bahagia. ๐Ÿ™‚

 

Catatan

Dari penjabaran pengalaman saya di atas, saya menyimpulkan, bahwa permasalahan instalasi packages pada R, dapat diselesaikan dengan downgrade maupun upgrade versi R yang kita gunakan, seperti yang pernah kita bahas pada artikel: Bermain Twitter dengan R (Part 1) – Preparations.

Namun, solusi dari permasalahan tersebut, bisa jadi karena sumber repositori yang kita gunakan, untuk men-download packages yang kita butuhkan. Seperti pengalaman saya di atas, terpaksa coba satu persatu.

Namun.. Masih ada masalah yang belum terjawab. Yaitu, hingga detik ini, saya masih tidak bisa meng-install packages R pada laptop saya sendiri, selain versi R 3.1.0 yang saya gunakan. Selain versi tersebut, semuanya masih belum bisa install packages R.

Setelah saya cari solusinya kembali, ternyata kemungkinan akar masalahnya adalah, pada setting koneksi internet (R secara default mengikuti setting internet pada Internet Explorer, jika kita menggunakan Windows). Dan memang, saya tidak bisa akses internet melalui IE, sejak saya meng-install PostgreSQL (nampaknya jadi terdapat perbedaan setting internet, antara IE, dan browser default yang biasa saya gunakan).

Untuk solusi dari permasalahan tersebut, akan saya posting di lain waktu, apabila telah saya dapatkan solusinya dengan jelas.

Enjoy & stay tuned! ๐Ÿ™‚

 

References & Further Readings

Bermain Twitter dengan R (Part 1) – Preparations

Problem Installing Packages

Follow and like us:

3 tanggapan pada “Bermasalah dalam Menginstall Packages R? Ini Solusinya!”

  1. Pingback: Bermasalah dalam Menginstall Packages R? Ini Solusinya! (Part 2) - hakim-azizul.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *