Bermasalah dalam Menginstall Packages R? Ini Solusinya! (Part 2)

“The best thing about R is that it was developed by statisticians. The worst thing about R is that…it was developed by statisticians.”

~ Bo Cowgill, Google, Inc.

Halo semuanya! Akhirnya di post kali ini, saya akan share solusi yang insyaAlloh ampuh untuk segala kegagalan dalam menginstall packages R. Sebenarnya solusinya sudah saya temukan agak lama, yaitu tepat setelah saya posting Bermasalah dalam Menginstall Packages R? Ini Solusinya!, atau 2 minggu lalu tepatnya, tapi saya baru sempat tuliskan sekarang. Dan juga, karena terlalu senang karena problem solved, saya malah lupa segera screenshot beberapa langkah-langkahnya, hehehe.

Anyway, quote di atas semoga pas untuk tulisan kali ini, karena memang saya tidak pernah menemukan masalah seperti ini ketika menggunakan Python dengan Spyder, ataupun ketika saya pakai node,js, ataupun environment untuk programming lainnya (solusinya sampai tidak ketemu-ketemu setelah googling berhari-hari, dan ternyata solusinya sangat sederhana).

 

Solusi 1 (Melibatkan Editing Registry pada Regedit)

Seperti yang saya jelaskan di Bermasalah dalam Menginstall Packages R? Ini Solusinya!, di bagian “Catatan”, bahwa penyebab error yang paling mungkin adalah setting internet (yang tentu saja dibutuhkan dalam menginstall packages) pada R di Windows, karena setting internet tersebut mengikuti setting default internet pada windows, yaitu internet options/setting pada Internet Explorer dan/atau Google Chrome.

Dan ternyata benar.

Lalu, masalah memuncak, karena setting internet pada windows/laptop saya tersetting disabled, dan tidak bisa di-enable-kan kembali. Entah kenapa. Selidik punya selidik, dari berbagai sumber, konon hal tersebut bisa disebabkan oleh kita habis menginstall suatu software yang mengambil alih rule administrator, sehingga kita tidak bisa mengganti setting internet, karena dianggap bukan user administrator di laptop tersebut.

error install packages pada R windows

Saya pakai gambar punya orang lain, karena saya lupa screenshot punya saya sendiri waktu itu. Sumber Gambar: https://superuser.com/questions/1249345/lan-settings-disabled-in-internet-options-how-to-enable-it.

Lalu, bagaimanakah solusinya?

Masuklah ke regedit, atau Registry Editor. Bagi yang belum tau caranya, silakan masuk dulu ke “Run” pada windows, bisa dengan search “Run”, atau menekan tombol Windows + R. Setelah masuk ke Run, ketikkan “regedit”, lalu tekan OK atau Enter.

error install packages pada R di windows

Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

Setelah masuk ke regedit, masuklah ke folder/registry/key berikut:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft\Windows\Network Connections. Jika folder “Network Connections” tidak ada di sistem anda, maka buat sendiri saja, atau cobalah untuk tetap mengikuti langkah-langkah berikut, namun di folder/registry “Internet Settings”.

error install packages pada R windows

Penampakkan Folder/Registry Network Connections pada Registry Editor. Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

Selanjutnya buat registry key bernama “NC_LanProperties”, dengan cara klik kanan, lalu pilih New -> DWORD (32-bit Value), lalu ganti namanya menjadi “NC_LanProperties”. Selanjutnya, klik dua kali NC_LanProperties, dan isi Value data menjadi nol.

error install packages R windows

Edit NC_LanProperties di Regedit. Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

Klik OK, dan selesai! Restart system anda, lalu coba test dengan membuka kembali Internet Options di Internet Explorer, atau Internet Properties di Chrome Settings.

Jika masih belum berhasil, silakan coba cara pamungkas di bawah. 🙂

 

Solusi 2 (Run Internet Explorer as Administrator, Lalu Masuk ke Internet Options)

Surprisingly simple (sampai-sampai saya lupa ada cara begini). Seperti sudah saya bahas di bagian awal, akar dari masalahnya adalah LAN Settings yang ter-disable, karena kita tidak dianggap sebagai user administrator oleh Windows kita. Hal ini bisa disebabkan oleh malware, atau juga kita habis menginstall software yang dapat menggeser status kita seolah-olah kita bukan user administrator lagi di komputer kita.

So? Solusinya, ya tinggal running Internet Explorer atau Google Chrome, menggunakan “Run as Administrator”. 😀

Bagi yang belum tahu, caranya semudah ini: klik kanan pada icon Internet Explorer, lalu pilih “Run as administrator”.

error install packages dengan R windows

Surprisingly Simple. Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

Lalu masuk ke Internet Options -> Connections, dan voila! LAN Setting sudah tidak ter-disable lagi, dan bisa kita akses dengan normal. 🙂

error install packages R di windows

Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

Setelah itu, uncheck pilihan “Use a proxy server for your LAN”.

error install packages R di windows

Uncheck “Use a proxy server for your LAN, dst”. Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

Selesai! 🙂

Dengan demikian, silakan buka kembali RStudio anda, dan install packages yang diperlukan satu-persatu, selamat menikmati! Sampai jumpa di bagian Tips and Tricks berikutnya. 🙂

error install packages R di windows

RStudio di Windows. Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi.

 

Reference

LAN Settings disabled in Internet Options. How to enable it?

Follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *